Bagaimana sih cara memakai Kartu BPJS?



Di sini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana sih penggunaan kartu BPJS bila sakit.Kebetulan saya berdomisili di kota Solo.Saya ikut BPJS di Perusahaan saya bekerja kebetulan untuk BPJS kelas II.Syaratnya mudah banget gan,kita cuma di suruh menyiapkan pas foto 3x4,kartu KK dan bagi yang udah nikah siapkan pula copy surat nikah,fotokopi KTP suami istri dan kopi akte anak,dan jangan heran lho,tertanggung sampai anak ke-3.dan tentunya tidak lupa mengisi formulir dari BPJS diisi dengan lengkap dan benar.ga pakai lama kartu BPJS cepat jadi.

Dan jangan khawatir,sekarang BPJS coba menggandeng beberapa Bank sebagai mitra untuk pelayanan seperti bank Mandiri,BNI,BRI,dan kemungkinan untuk bank - bank yang lain.Hal ini untuk mengantisipasi antrian dikantor BPJS yang notabene banyak yang minat mendaftar BPJS sehingga antrian membludak.walaupupun masih banyak kekurangan di program BPJS ini tapi saya yakin kedepan pasti akan segera berbenah untuk menjadi lebih baik.Setelah kita terdaftar sebagai peserta BPJS maka kita akan dikenai kewajiban untuk membayar iuran atau premi setiap bulannya sesuai kelas yang kita pilih.

Untuk BPJS kelas I   : Rp 59.500
Untuk BPJS kelas II  : Rp 42.500
Untuk BPJS kelas III : Rp 25.500

Yang perlu di ketahui dan diingat bahwa sekarang untuk perorangan ,untuk pembayaran iuran harus lewat transfer ATM tidak dilayani setoran tunai di bank yang bersangkutan.ada lagi  yakni bahwa untuk membayar angsuran sebaiknya jangan lebih dari tanggal 10 setiap bulannya karena transaksi tranfer anda biasanya akan gagal,dan jika kita terlambat membayar tiap bulannya akan dikenai denda sebesar 2%. So jadi jangan samapai terlambat saja walau dendanya tidak seberapa.Untuk yang telat tiga bulan tidak membayar angsuran maka BPJS akan memblacklist atau mencabut keanggotaan peserta BPJS, saya sendiri tidak berani memastikan dan alangkah lebih baiknya langsung bertanya ke kantor BPJS terdekat.

Nah sekarang saya akan coba berbagi pengalaman saya dan teman saya saat menggunakan kartu BPJS.Saat ini kebetulan istri saya sedang hamil muda,duh senangnya aku begitu istriku hamil.ceritanya begini sobat saya berfikir ibu hamil selama tidak ada keluhan maka tidak bisa pakai BPJS,maka dari itu selama 3 bulan saya memeriksakan istri ke dokter atau bidan umum,tapi setelah saya tanya sana sini dan browsing ternyata ibu hamil gratis pakai BPJS,akhirnya saya berinisiatif pakai kartu BPJS ke dokter keluarga untuk minta rujukan ke dokter spesialis kandungan ,dan ternyata rujukan berlaku stu bulan bro jadi saya dan istri tidak terlalu buru buru harus hari ini,besa besok atau lusa.
Akhirnya bener paginya saya antri ke Rumah sakit  dengan syarat kopi kartu bpjs dan rujukan akhirnya saya di panggil dan dikonfirmasi keanggotaan BPJS akhirnya setelah antri berjama - jam giliran istri diperiksa dan benar bro gratis tiis.alhamdulillah sampai di rumah saya sama istri seneng banget dan ternyata BPJS berguna Juga,dan saya menyarankan untuk teman teman selagi anda masig sehat segera daftar BPJS.jangan menunggu sakit dulu bau daftar BPJS.

demikian pula dengan teman saya yang istrinya sedang hamil tua,sebelumnya sempat ngobrol sana sini dan saya kasih masukan untuk daftar BPJS,selang beberapa hari akhirnya dia daftarkan istrinya ke BPJS.setelah sebulan berlalu saya punya cerita minggu -minggu terakhir akan melahirkan dia dan istri cek up ke Dokter Spesialis di salah satu Rumah Sakit swasta akhirnya di putuskan harus operasi,dan dengan baik hati sang dokter bertanya asuransi yang dipunyai dan teman saya menjawab punya BPJS,dokter akhirnya dokter segera membuat jadwal hari H..? operasi dan disuruh menyiapkan syarat syaratnya termasuk rujukan dari dokter keluarga,seetelah tiba hari H operasi dia masuk UGD dan singkat cerita operasi sukses,yang pada akhirnya waktu diperbolaehkan pulang dia kekasir sudah menyiapkan sejumlah uang jika ada kekurangan unag yang di tanggung BPJS,tapi Sanga Kasir bilang bahwa semua biaya telah ditanggung semua oleh BPJS.matur nuwun.

Demikianlah sedikit pengalaman tentang penggunaan BPJS,semoga bagi yang sudah punya bisa memberi masukan dan kemudahan dalam penggunaannya.sekian dari saya dan senag berbagi untuk semua,semoga diberi sehat selalu.amiiin